I'm Proud of You

Oleh: Endah Cahyaning Respati, S.Sos.
(Guru SMA Negeri 1 Tegaldlimo)


CorelDraw adalah salah satu program grafis dalam pembelajaran Mata Pelajaran TIK di Kelas XII Semester Ganjil. Program ini biasanya digunakan dalam pembuatan teks pada brosur ataupun logo. Akan tetapi pemanfaatan program ini tidak hanya desain grafis semata, karena program ini memberikan fasilitas kemudahan dalam pemakaian tool dan efek untuk berbagai kebutuhan pengguna.

Untuk sebagian orang, CorelDraw adalah sebuah program yang sulit, rumit, dan susah dipahami. Maka dari itu, saya sebagai guru ingin menemukan solusi yang tepat agar anggapan negatif itu tidak muncul pada siswa kelas XII yang mempelajarinya. Awalnya, siswa mempelajari pembuatan desain Kartu Nama, Undangan, dan Banner. Kemudian, melalui pemikirian yang cukup panjang juga disertai konsultasi dengan guru Kesenian (Bapak Drs. Purwadi), muncullah gagasan supaya siswa mewujudkan desain dalam program itu menjadi sebuah karya seni, yaitu STAMPEL.

Stampel adalah sebuah benda yang sepertinya simpel tapi banyak dibutuhkan. Ada berbagai macam stampel saat ini, tetapi stampel yang dihasilkan oleh siswa Kelas XII adalah stampel yang sederhana, mengingat alat dan bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat sederhana juga. Meskipun demikian, saya berharap agar nantinya siswa tidak hanya mempelajari CorelDraw sebagai sebuah program, tetapi dapat memahami salah satu fungsi atau kegunaannya.

Saya melihat adanya semangat tersendiri pada siswa karena desain stampel yang mereka buat diwujudkan dalam karya stampel yang sebenarnya. Hasilnya bervariasi, akan tetapi saya merasa bangga pada seluruh siswa yang telah dengan penuh semangat mengerjakannya. Mungkin sebagian siswa merasa kurang puas karena hasilnya kurang maksimal, tetapi menurut saya hasil yang maksimal itu bukanlah ukuran kesuksesan kali ini, karena para siswa adalah pembuat stampel pemula. Jadi, pantaslah saya bangga pada semua siswa.

Mudah-mudahan di waktu yang akan datang mereka dapat mengaplikasikan CorelDraw ke dalam karya yang lain, atau dapat membuat stampel dengan hasil yang lebih baik. Amien ...

Ingin tahu sebagian pendapat dan hasil karya mereka, klik disini:


- Kelas XII IPA 1
- Kelas XII IPA 2
- Kelas XII IPA 3
- Kelas XII IPS 1
- Kelas XII IPS 2

Jangan lupa tinggalkan komentar, kritik dan saran selalu saya terima.

2 komentar:

  1. mama ku ibuku guruku.. indah kau inspirasiku...untuk keluarga besar sman 1 tegaldlimo aku turut berduka cinta.semoga almarhum ibuk indah rispati dapat diterima disisihnya amin.........semangat adek2 ku selalu kembang kan IT untuk menghadapi dunia global......... semangat and mimpimu akan mejadi...kan.....inspirasimu...smateg yes...yes ........

    BalasHapus