There's Nothing Wrong With Changes

Oleh: Endah Cahyaning Respati, S.Sos.
(Guru SMA Negeri 1 Tegaldlimo)

Hidup pasti akan terus berjalan.
Pastilah dengan demikian, kita musti mencari jalan yang terbaik untuk bertahan, meskipun harus mengalami sebuah perubahan. Ga ada salahnya, kan selama itu untuk sebuah perbaikan?

Teknologi juga terus meningkat, segala sesuatu sekarang pasti selalu berhubungan dengan duna IT, misalnya: administrasi, komunikasi, bahkan proses pembelajaran di sekolah-pun perlahan-lahan berubah dari cara mengajar konvensional menjadi cara mengajar berbasis IT.

Contoh yang lain: jaringan komputer.
Jaringan Komputer saat ini mungkin sudah bukan hal yang asing lagi untuk kita dengar. Mengapa muncul jaringan komputer? Salah satunya karena mobilitas data sekarang ini semakin tinggi, kita tidak mungkin menyimpan sendiri semua data kita karena sewaktu-waktu kita dituntut untuk bisa berbagi dengan orang lain. Klo' tiba waktunya berbagi, apa kita harus colok sana flashdisk, colok sini dst.? Atau untuk surat menyurat, apa tidak menyingkat waktu namanya klo' kita bisa berkirim kabar dengan e-mail?

Tu cuma 2 contoh yang terlintas di pikiran saya saat ini ...

Apa semua itu berarti baik?
Tergantung dari sudut pandang mana kita menilai. Segala hal dalam kehidupan kita pastilah ada 2 sisi di dalamnya. Segala perubahan bisa kita anggap baik, asalkan kita bisa me-manage-nya. Tapi sebaliknya bisa menjadi sebuah boomerang yang bisa menghancurkan kalau kita tidak bisa menghadapinya.

Hadapi saja perubahan itu dengan bijak, karena kita tidak mungkin menghindar dari perubahan.

3 komentar:

  1. tentunya ada baiknya jika jika ada pelajaran TI, masa sekarang kalau gak bisa komputer pastinya anak yang DUNGU, tetapi bagi anak seusia anak SMA kalau terus-terusan bermain komputer akan menimbulkan efek yang NEGATIF pula, maka bagi seseorang PENDIDIK haris memberikan pendidikan teknologi moderen dan pendidikan moral dan akhlak budi pengerti di dalam hati diri sesosok siswa yang rentang pengaruh buruk terhadap lingkungan nyata.

    Salam dari:
    Wawan Hariyono
    Alumi...........SEMATEG

    BalasHapus
  2. Salam kepada Pak Wiadi, PakWan, Pak Warno, Pak Safari, dan yang lain

    BalasHapus
  3. Semua itu tdak terlepas dari metode, baik metode pembelajaran ataupun praktikum nya, semoga masyarakat kita bisa menyambut baik adanya "the wind of changes" ini, agar generasi baru yg hadir mampu berkompetitif sesuai dengan perkembangan jaman yg ada, salam
    XP-Com

    BalasHapus